OSIS SMP 247

Kamis, 30 Juni 2011

MASA ORIENTASI SISWA BARU

PROPOSAL MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK BARU
SMP N 247 JAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012
MOTO



DENGAN MOS KITA TINGKATKAN
PRILAKU DISIPLIN
JAKARTA

OSIS
09 JULI S/D 13 JULI 2011

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 247 JAKARTA
Jln Mampang Prapatan XIII Jakarta Selatan 12790

PROGRAM PELAKSANAAN MOS SMPN 247 JAKARTA

I.                     Latar Belakang

Dalam penyambutan datangnya hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik baru Sekolah Menengah Pertama merupakan rangkaian kegiatan permulaan masuk sekolah pada setiap awal tahun pelajaran baru yang diawali dengan kegiatan “ Masa Orientasi Siswa
Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta didik peserta didik baru dapat :
1.                    Mengenal kehidupan sekolah yang baru dimasukinya
2.                    Bersosialisasi dengan warga sekolah .
3.                    Mempersiapkan diri untuk kegiatan belajar mengajar disekolah.
Kegiatan dilaksanakan agar setiap peserta didik dapat  beradaptasi dalam waktu yang tidak terlalu lama .
Kegiatan kegiatan tersebut antara lain :
1.                    Pengenalan Wiyatamandala  ( School based Management )
2.                    Budi Pekerti  ( penekanan etika dan moral )
3.                    Peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
4.                    Pengenalan system belajar di SMP (dari guru kelas ke Guru bidang Study )
5.                    Pengenalan lingkungan sekolah
6.                    Tata tertib sekolah
7.                    Kegiatan intra kurikuler dengan segala mekanismenya
8.                    kegiatan ekstra kurikuler
9.                    Matrikulasi
10.                 Kesenian/Apresiasi


Juga perlu diperkenalkan stakeholder sekolah yakni orang yang mempunyai keterkaitan dengan pelaksanaan pendidikan sekolah seperti kakak kakak kelas , guru, kepala sekolah pegawai TU .


Pelaksanaan kegiatan masa orientasi siswa pada awal tahun pelajaran ini diharapkan dapat memilih metode dan pendekatan yakni :
a.             Bersifat gembira
b.             Diskusi , debat dan olah fakir
c.             semua unsure sekolah ,guru, TU,OSIS
d.             Memamfaatkan potensi lingkungan


e.             Tidak mengandung perpeloncoan



f.              Memperhatikan lingkungan hidup

Dalam menyelenggarakan kegiatan ini agar dapat memperhatikan situasi dan kondisi setempat sehingga tidak bersifat hura-hura , menyadari pungutan biaya dan tidak memakai atribut perpeloncoan .

II . Prinsip-prinsip Penyelenggaraan MOS

1.        Penyelenggaraan MOS berisi penghangatan suasana , menambah wawasan dan pendidikan demokrasi .
2.        Pelaksanaan MOS harus berdasarkan pada prinsip mudah , murah , menyenangkan , missal dan meriah , karena itu kegiatan-kegiatan MOs perlu disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing .
3.        Penyelenggaraan MOS bersifat fleksibel (luwes) dapat memilih beberapa acara alternatif , dengan menyesuaikan diri dengan kondisi sekolah yang merujuk kepada tujuan MOS itu sendiri .
4.        Pelaksanaan MOS agar menghindari pungutan biaya dari siswa , seluruh dana pelaksanaan MOS agar dianggarkan pada APBS .
5.        Kegiatan MOS dapat berlangsung secara kelompok atau missal , disesuikan dengan materi yang akan disampaikan .
6.        Metode penyampaian MOS , tidak berfokus dalam bentuk ceramah , tetapi menyesuaikan metode yang dapat mengaktifkan dan melibatkan banyak peserta .
7.        Pelaksanaan MOS pada hari efektif sekolah , dengan demikian tidak meliburkan siswa kelas II dan kelas III .
 III . Tujuan Pelaksanaan Masa Orientasi siswa
A.       Tujuan Umum
Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa baru tentang lingkungan sekolahnya yang baru . Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan situasi yang mengembirakan sambil menenal dan mempelajari sesuatu yang baru , baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik , lingkungan social mulai dari visi ,misi sampai pada aturan-aturan norma sekolah
       B . Tujuan Khusus
Secara khusus pelaksanaan MOS kelas I baru bertujuan :
a.        Membantu peserta didik mengenal lebih dekat lingkungan pendidikan di SLTP
      sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif .
b.        Mendorong peserta didik  untuk bersikap Pro aktifdalam mengenali para guru , kariyawan , dan kakak-kakak kelasnya , sehingga ia bisa lebih aman berada bersama mereka .
c.        Membantu peserta didik  agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah , lingkungan sekolah dan dapat mengetahui hak serta kewajibannya dan bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah .
d.        Memahami kehidupan sekolah dalam rabgka pelaksanaan Wawasan Wiyatamandala sehingga fungsi sekolah , guru , siswa , dan masyarakat lingkungannya dapat mendukung terwujudnya tujuan secarakomprehensip .  
e.        Mendorong peserta didik  untuk memulai kebiasaan belajar sesame siswa baru , melalui diskusi dengan teman .
f.         Mengembangkan percaya diri bagi siswa  dengan melatih keberanian mengungkapkan pendapat dan mempertanyakan kebenaran .
g.        Mendorong peserta didik untuk aktif menambah pemahaman melalui pengamatan terhadap lingkungan sekolah sebagai wahana pembelajaran outdoor .
h.        Memotivasi peserta didik agar merasa bangga menempuh pendidikan di sekolah pilihannya , sehingga dengan senang hati dapat menjalankan segala aturan yang dimiliki sekolah .

IV. Dasar Pelaksanaan MOS:
Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 0641/U/1984, tentang Pembinaan Kesiswaan.
Keputusan Direktur JenderalPendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/1992, tentang Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 914/01/043/2009 Tanggal 5 Januari 2009, Perihal Pedoman Kerja dan Pelaksanaan Tugas Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2009.
Suarat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tanggal 17 April 2009, Nomor: 005/2301/103.04/2009 tentang Pembinaan Masa Orientasi Siswa (MOS) SMP dan SMA Negeri/Swasta se Jawa Timur.
MOS penting dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). MOS merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam Pembinaan Kesiswaan yang bertujuan mengantarkan siswa untuk beradaptasi di sekolah. Pada saat MOS itulah siswa belajar mengenal lingkungan sekolah yang baru, teman baru, guru baru, budaya belajar, tata tertib sekolah, dan lain-lain. Pada saat MOS siswa juga dibekali materi kepribadian, Adiwiyata, keterampilan, dan ketangkasan. Oleh karena itu kegiatan MOS diharapkan dapat membantu siswa dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah secara cepat.

Hal yang Perlu Diwaspadai:
MOS bukan perpeloncoan siswa baru. Panitia dan Pembina MOS dilarang melakukan tindakan yang bersifat perpeloncoan baik secara fisik maupun psikis. Perpeloncoan fisik antara lain pemberian hukuman atau perlakuan yang mengarah pada penganiayaan. Sedangkan tindakan atau perintah yang dapat mempermalukan atau mempersulit peserta MOS termasuk jenis perpeloncoan psikis. Misalnya: peserta MOS harus mengenakan ”atribut” tertentu, membawa ”benda” tertentu, atau atau mencari ”hal” tertentu yang tidak mendidik. 

PELAKSANAAN KEGIATAN MASA ORIENTASI SISWA

A . Peserta MOS
                Peserta didik baru yang mengikuti kegiatan MOS adalah siswa yang baru memasuki kelas VII baru , sedangkan yang tinggal kelas tidak diwajibkan mengikuti MOS , karena peserta didik  yang mengulang sudah mengikuti MOS pada tahun yang lalu , tapi tidak dilarang untuk berpartisipasi .
B . Waktu Pelaksanaan
                Pelaksanaan MOS diadakan pada awal tahun pelajaran baru , selama tiga hari dengan satu hari masa persiapan yaitu pada tanggal 09, 11, 12 dan 13 Juli 2011, yang disesuikan dengan dengan kondisi sekolah yaitu :
a.        Sekolah masuk pagi dilaksanakan pagi hari
b.        Sekolah masuk siang dilaksanakan siang hari
 C . Materi
1.        Imtaq
2.        Wawasan Wiyatamandala
3.        Visi sekolah , Misi sekolah dan Tata Tertib Kehidupan Sosial Sekolah
4.        Budi Pekerti dan tatak rama
5.        Matrikulasi :
a.        Kemampuan membaca , menulis dan menghitung(calistung)
b.        Kreativitas siswa dalam pendekatan pembelajaran Contekstual Teaching and Learning (CTL)
c.        Kreativitas siswa dalam system penilaian outentik ‘tes tertulis’ untuk menguji Penguasaan dan Pemahaman Konsep (PPK)
d.        Kreativitas siswa dalam system penilaian ‘nontes’ melalui tugas-tugas proyek , produk , jurnal , portofolio dan kuis , untuk menguji Praktik Penerapan Konsep
e.        Kreativitas siswa dalam system penilaian outentik melalui ‘observasi sistematik’ untuk menguji sikap dan minat siswa selama pembelajaran berlangsung .
6.        Tata Upacara
7.        Kesenian/Apresiasi seni
D . Biaya Pelaksanaan
Biaya pelaksanaan MOS dibebenkan kepada anggaran sekolah yang telah diatur dalam RAPBS . Setiap sekolah agar tidak memungut dana dari siswa. Dengan rincian  :
1.             Kepanitiaan                                                              :               Rp 1.344.000,-
2.             pembuatan nemtek                                                  :               Rp      80.000,-
3.             Spidol warna                                                             :               Rp      50 000,-
4.             P tranparan.Rapia,Krap,                                         :               Rp     120.000,-
5.             Kertas Karton                                                          :               Rp            50.000,-
6.             Konsumsi Panitia                                                    :               Rp  2.000.000,-
7.             Konsumsi OSIS                                                        :               Rp     300.000,-
Jumlah Pengeluaran                                                                 Rp  3.944.000,-
( Tiga Sembilan ratus empat puluh empat ribu rupiah  )

E. Persiapan

Setiap sekolah yang akan melaksanakan kegiatan MOS , didahului dengan persiapan  yaitu :
1.        Penetepan panitia pelaksana MOS
2.        Jadwal kegiatan
3.        Pembagian tugas guru
4.        Penetapan Materi
5.        Format Monitoring
6.        Evaluasi / penilaian

Penetapan materi kegiatan MOS diserahkan kepada sekolah dengan mengacu pada :
1.        Tujuan pelaksanaan MOS
2.        Visi dan Misi Sekolah
3.        Budaya sekolah
4.        Kondisi dan kemampuan sekolah

F . Pelaksanaan
I.              MOS diarahkan untuk mencapai tujuan dengan menyajikan sejumlah     kegiatan yang dapat :
1.        Menciptakan keakraban antar siswa
2.        Menumbuhkan sikap mandiri pada siswa
3.        Memberi kesempatan kepada siswa untuk salingmengenal
4.        Mempercepat proses interaksi bermasyarakat di lingkungan sekolah
5.        Menumbuhkan minat siswa agar dapat berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran siswa selama 36 bulan , melalui pengalaman dalam pembelajaran pendekatan CTL dan pengalaman dalam penilaian Outentik
6.        Menciptakan kerjasama , kesetiakawanan dan kekeluargaan
7.        Memberikan motivasi kepada siswa agar berani mengeluarkan  pendapat dan menghargai pendapat orang lain
8.        Menumbuhkan sikap spontanitas , kepedulian dan keterbukaan  pada siswa
9.        Menanamkan kesadaran adanya kesamaan kepentingan
10.     Memahami hak dan kewajiban siswa

II.            1. Penyajian materi hendaknya dapat:
a.        Menciptakan suasana gembira
b.        Menumbuhkan sikap demokrasi
c.        Menanamkan sikap keteladanan
d.        Memberi motivasi
e.        Menggunakan metode dan pendekatan yang tepat

2. Penyelenggara MOS dan penyaji materi agar menghindari:
a.        Perpeloncoan dan sejenisnya
b.        Suasana yang menegangkan
c.        Kekerasan








Jakarta, 28 Juni 2011
                                                                                                Kepala SMP negeri 247 Jakarta



                                                                                      Drs. Soehar Yatmo, M.MPd
NIP/NRK. 196304121984121001/141740




























PEMERINTAH PROPINSI DKI JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN DASAR PROPINSI DKI JAKARTA
SMP NEGERI 247 JAKARTA
Jln : Mampang Prapatan XIII Jakarta Selatan 12790-Tlp(021)7943835




PANITIA MASA ORIENTASI SEKOLAH ( MOS )
SMP NEGERI 247 JAKARTA
TAHUN AJARAN 2011/2012

1.             Pengarah                                  :               Kepala SMP Negeri 247 Jakarta
2.             Penanggung jawab                    :               Wakil Kepala Sekolah SMPNegeri 247
3.             Pelaksana                                                 :               Staf Kesiswaan
                                                                                                Jakarta
4.             Ketua                                                       :               Sambudi Spd
5.             Sekertaris                                                 :               Indra Yubarti
6.             Bendahara                                                :               Retno Dewi
7.             Konsumsi                                                :               Tati Sugiyanti S.Pd
8.             Dokumentasi                                           :               Jhoni
9.             Anggota                                   :               1.             Chafifah N.H
                                                                                                2.             Sulistiyawati
                                                                                                3.             Ngajimin
10.           Penyampai Materi                    :               1.             Rumiyati SPd
                                                                                                2.             Sugianto Spd
                                                                                                3.             Badriyah SPd
                                                                                                4.             Desmaniar
                                                                                                5.             Muzlifah S.Pd
                                                                                                6.             Titih Rintih SPd
                                                                                                7.             Sugianto
                                                                                                8.             Aidarti
                                                                                                9.             Tuteng Haryani S.Pd
                                                                                                10.           Sri Yatun S.Pd
                                                                                               


                                                                                                Jakarta, 28 Juni 2011
                                                                                                Kepala SMP negeri 247 Jakarta


                                                                                          Drs. Soehar Yatmo, M.MPd
                                                            NIP/NRK. 196304121984121001/141740



PEMERINTAH PROPINSI DKI JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN DASAR PROPINSI DKI JAKARTA
SMP NEGERI 247 JAKARTA
Jln : Mampang Prapatan XIII Jakarta Selatan 12790-Tlp (021) 7943835
 

DAFTAR GURU PEMBERI MATERI
MASA ORIENTASI SISWA
SMPN 247 JAKARTA
09 S/D 13 JULI 2011
No
Nama Guru
Materi
Keterangan
1
Sugianto SPd
Imtak / Budi Pekerti

2
Desmaniar
Wawasan Wiyata Mandala

3
Muzlifah S.Pd
Visi dan Misi Sekolah tata
Tertib kehidupan social

4
Badriyah
Tata Cara Belajar di SMP
B . Indonesia

5
Rumiyati Spd
Tata Cara Belajar di SMP
IPA

6
Titih Rintih R
Tata Cara Belajar di SMP
Matematik

7
Sugiyanto
Tata Cara Belajar di SMP
PBB /Upacara

8
Aidarti
Tata Cara Belajar di SMP
Kesenian

9
Tuteng Haryani
Tata Cara Belajar di SMP
B . Inggris

10
Sri Yatun S.Pd
Apresiasi seni







                                                                                                Jakarta, 28 Juni 2011
                                                                                                Kepala SMP negeri 247 Jakarta



                                                                                      Drs. Soehar Yatmo, M.MPd
                                                                 NIP/NRK. 196304121984121001/141740

Label: